Bertolak ke Tanah Air, MES Mesir Canangkan Seminar Internasional di Bumi Kinanah

Berjalannya proses legalisasi PWK MES Mesir hingga saat ini masih terus berjalan. Dengan adanya perwakilan pengurus MES Mesir yang bertolak ke Indonesia bulan Februari silam; sebagai bentuk silaturahmi kepada beberapa pengurus MES Pusat dan audiensi dengan Bapak Ketua Umum MES Pusat. Selain itu, juga beraudiensi dengan beberapa instansi di Indonesia, dengan tujuan untuk mengkonfirmasi instansi tersebut agar berkenan bekerja sama menghadiri acara seminar serta pengukuhan pengurus PWK MES Mesir. Pada awalnya acara ini akan diselenggarakan pada April 2020. Namun, semakin meluasnya dampak pandemi covid-19, tidak dipungkiri lagi acara ini ditunda penyelenggaraannya hingga Oktober 2020 mendatang.

Adapun beberapa instansi tersebut antara lain, Bank BNI Syariah, Bank Indonesia, Dewan Syariah Nasional MUI, Hotel Sofyan Syariah, dan beberapa industri syariah lainnya.

Jakarta- Rabu 12/02/20, PWK MES Mesir berhasil beraudiensi dengan Wakil Ketua 3 MES Pusat, Bapak Dr. Sugeng yang sekaligus juga menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. Bertempat di gedung B Bank Indonesia lantai 24, beliau juga menyampaikan bahwasanya Wakil Ketua MES Pusat ini menyanggupi akan kehadirannya, juga kesediannya menjadi salah satu narasumber (keynote speaker) dalam acara Seminar Internasional Ekonomi Syariah yang akan dihelat di Mesir nanti.

Kamis 13/02/20, Tepat di kantor pusat BNI Syariah, Ketua Umum PWK MES Mesir berhasil beraudiensi dengan instansi Bank BNI Syariah. “Insyaallah kami siap memenuhi undangan dan menjadi sponsor pada acara Seminar Internasional Ekonomi Syariah bersama pihak MES Mesir,” ucap salah satu pimpinan BNI Syariah —sebagai perwakilan jubir Direktur Umum Bank BNI Syariah— bahwa Bapak Firman Abdulloh Wibowo (Direktur BNI Syariah) akan menjadi narasumber pada hari Seminar Internasional Ekonomi Syariah ini.

Corporate Secretary Bank BNI Syariah, Kantor Pusat Jakarta

Begitu juga pada hari Rabu 19/02/20, pertemuan antara Ketua Umum PWK MES MESIR dengan Direktur Ekonomi Syariah Bank Indonesia, Dr. M. Anwar Bashori, membahas kerja sama antara dua instansi untuk penguatan Ekonomi Syariah di masa yang akan datang dan kesediaannya menghadiri acara seminar internasional ekonomi syariah.

Pertemuan Ketua Umum MES PWK MESIR dengan anggota dewan fatwa DSN MUI, Dr. Hasanuddin, M.Ag. di kantor pusat DSN MUI pada Selasa 18 Februari 2020, membahas persiapan kerja sama kelembagaan antara MES Mesir dengan DSN MUI yang akan dilaksanakan sesegera mungkin.

Dan adapun bentuk pertemuan terakhir, Jum’at 27/02/2020 oleh Ketua Umum MES Mesir bersama dengan Wakil Ketua Umum (IAEI) Ikatan Ahli Ekonomi Islam di gedung kementrian keuangan RI membahas kemungkinan-kemungkinan dan peluang yang bisa digarap antara kedua lembaga.

Dari semua instansi yang berhasil ditemui, mereka menyatakan apresiasi sebesar-besarnya serta memberi dukungan atas terbentuknya pengurus MES di Mesir. Dengan pernyataan siap dan turut memberikan sumbangsih menjadi narasumber, serta sponsor pada acara Seminar Internasional nanti. Terlebih lagi merasa bersyukur dengan terbentuknya MES di Mesir ini, yang mana akan membuka adanya kerja sama bilateral lebih dalam antara Indonesia dan Mesir.

Pertemuan MES Mesir, MES Pusat dan Bank Indonesia di Gedung BI lantai 14.

Rep:nafisah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.