MES, Menjadi Jembatan Keilmuan Dan Keberagamaan Masyarakat Indonesia Di Mesir

Kairo- Pengurus Wilayah Khusus Masyarakat Ekonomi Syariah (PWK MES) wilayah Republik Arab Mesir yang akan dilantik pada bulan april mendatang, mengadakan serangkaian rapat kerja guna merealisasikan ide para tim inisiator yang terdiri dari K.H Muhlashon Jalaluddin, Lc,.M.M. (Rais Syuriah PCINU Mesir), Dr. Mustafa Abd. Rahman, M.A. (Direktur Koresponden Kompas Wilayah Timur Tengah), Tubagus Mansur, SE., Ak., M.Acc., BKP., CA., CPA. (Partner KAP, Dosen dan Mahasiswa S3 Al-Azhar), Murtadho Bisyri, Lc., Dipl. (Mahasiswa S2 Al-Azhar) dan Ir. H. Gunawan Harianto (Co-Founder dan GM Indofood di Mesir) untuk berdirinya MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) di wilayah Republik Arab mesir.

Foto: rapat ketiga pembentukan susunan pengurus PWK MES di kediaman kediaman Ir. H. Gunawan Harianto

Rapat yang diadakan sebanyak enam kali terhitung dari 16 oktober 2019 rapat pertama di kediaman Tubagus Mansur, Darrasah, Kairo bersama para inisiator lainnya  yang menghasilkan kesepakatan dalam pendirian MES Republik Arab Mesir yang kemudian kesemuanya secara langsung meminta pendapat kepada Duta Besar RI di Kairo Helmy Fauzi dan mendapat lampu hijau atas berdirinya MES di Mesir ini.

Berangkat dari lampu hijau yang didapatkan, digelar rapat kedua dan ketiga pada tanggal 11 dan 17 januari 2019 di kediaman Gunawan Harianto, membahas rencana permintaan pada MES pusat -bertempat di Jakarta- dalam upaya  memberikan kuasa untuk menunjuk ketua umum dan tim formatur dan kemudian ditetapkanlah Tubagus Mansur sebagai Ketua Umum dan pembentukan tim formatur. Rapat ini dihadiri oleh lintas afiliatif mulai dari NU, Muhammadiyah, PII, perwakilan dari kajian Pakeis, dan turut pula hadir Wakil Presiden PPMI Nasruddin Babas Hasan.

Setelah pembentukan tim formatur, kembali diadakan rapat keempat di tempat yang sama dengan rapat yang pertama, kediaman Ketua Umum guna pembentukan susunan pengurus lalu dilanjut dengan rapat yang kelima (26/01/20) di Sahah Indonesia guna memfalidan nama nama pengurus demi pengurusan Surat Kuasa sekaligus pra-Raker  mengumpulkan seluruh gagasan-gagasan solutif dan membumi yang disampaikan oleh para pengurus harian dan diresmikan pada rapat keenam (02/02/20) Rapat kerja seluruh formatur kepengurusan MES Mesir yang bertempat di Aula Pesanggarahan KPMJB.

Sebelumnya, MES telah berdiri di lima wilayah khusus yang meliputi: PWK United Kingdom, PWK Arab Saudi, PWK Malaysia, PWK Jerman dan PWK Jepang. Namun berbeda dengan ke lima Wilayah khusus lainnya selain bertujuan untuk aktualisasi keilmuan bidang ekonomi syariah, MES Mesir juga berperan aktif dalam menyebarkan Manhaj Azhar terkhusus di  bidang Ekonomi Syariah. Dari sinilah diharapkan nya MES menjadi benteng penerapan ekonomi Syariah di indonesia, menciptakan bibit unggul Ekonom Syariah yang competitive advantage, tak luput juga  memberdayakan masisir untuk aktif dalam Research ilmiyah bidang ekonomi Syariah dan yang paling utama adalah menjadi rujukan utama bidang keilmuan Ekonomi Syariah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.